Makan Siang di Bale Udang – Kuta

Siang-siang panas terik di Bali. Maklum lagi jarang hujan di Bali, yang berakibat cuaca panas menyengat terus beberapa hari. Untung kita bisa makan siang sambil ngadem di Bale Udang. Kita makan di bale-bale yang terapung di tengah danau buatan. Suasananya damai banget, rasanya ga kaya di tengah kota, tapi udah nyepi ke gunung. Padahal letaknya Bale Udang ini masih di tepi Jalan Nakula loh.

2.IMG_5436

Di danaunya terdapat tumbuhan air, batu dan ikan-ikan yang luar biasa banyaknya. Kamu bisa juga kasih makan mereka dengan minta pakan khusus ikan. Jangan dikasih makanan manusia yah. Nah kalau kamu tabur makanan ikannya, nanti ikan-ikannya akan ngumpul di sekitaran belakang bale-bale. Kaya gini nih.

3.IMG_54394.IMG_5396

Hati-hati jangan sampai terpeleset ke dalam kolam yah. Anak-anak harus selalu dalam pengawasan orang tua. πŸ˜‰ Suara gemericik air dan music yang dipasang bikin hati tambah adem. Oia, di bawah meja, kita bisa menyelipkan kaki supaya bisa duduk. Dan bawahnya itu langsung tembus ke kolam loh.

 

Di Bale Udang, setiap bale punya namanya sendiri. Mulai dari Bale Kambang, Bale Dolanan, Bale Banjar, Bale Kaja dan Bale Sari.

Atau kalau kamu takut susah duduk lesehan, jangan takut, di Bale Udang tersedia juga meja kok.

7.IMG_5435

Di Bale Udang, tersedia kids playground yang lumayan besar areanya. Jadi buat orang tua yang bawa anaknya mampir, bisa tenang duduk-duduk menikmati suasana, dan anaknya puas main.


Cukup soal interior, sekarang kita bahas makanannya yah. Yang ini namanya Paket Bale Papat.

8.IMG_5385

Isinya Udang Bakar Madu, Gurame Bakar Kecap, Gurame Bumbu Cobek, Bakwan Jagung, Karedok, Tumis Tauge Ikan Asin, Tumis Udang Cabai Ijo, Sambal Tomat, Sambal Matah, Β Sambal Terasi, 4 porsi Nasi Putih, dan 2 porsi Buah Segar.

Mimin kasih lebih detail yah makanannya :

9.IMG_5395Gurame Bakar Kecap, Gurame Bumbu Cobek, Tumis Udang Cabai Ijo

Gurame Bakar Kecap itu yang paling atas. Guramenya terbalut sempurna bumbu kecap. Paling enak dicocol sama sambal tomat atau sambal terasi. Kalo yang Gurame Bumbu Cobek, ketutup sama potongan cabe merah dan bawang merah. Guramenya sendiri udah crispy karena digoreng. Ikan di sini semuanya fresh loh, jadi ga bau tanah pas dimakan. Tumis Udang Cabai Ijonya paling demen mimin makan sama nasi panas. Nyam!

10.IMG_5391Udang Bakar Madu

Yang ini juaranya. Udangnya fresh. Terus bumbunya cocok banget sama udangnya. Ga bisa banyak berkata, pokonya a-must-try kalo kamu mampir ke Bale Udang.

 

11.IMG_5393Bakwan Jagung

Karedok, Tumis Tauge Ikan Asin

Karedok di Bale Udang ini pake bumbu kacang yang terbalut sempurna ke sayur-sayurnya. Ditemenin sama kerupuk, pasti asik deh makan karedok. Kalo Tumis Tauge Ikan Asin, selain taburan ikan asin yang kelihatan, di dalamnya masih banyak ikan asin lainnya. Terus ada juga potongan tomat sama cabe.

Sambel tomat, matah dan sambal terasi.

Dalam Paket Bale Papat, sudah termasuk tiga macam sambal yang bisa kamu kombinasikan dengan beragam menu yang tersedia. Menurut mimin sih, makannya harus pake tangan supaya afdol. Apalagi kalau mau nyocol ikan gurame ke sambel, pasti lebih asik pake tangan.


Selain Paket Bale Papat, mimin juga nyobain menu yang satu ini. Namanya Sup Gurame.

14.IMG_5406

Seperti yang mimin sudah bilang di atas, ikan gurame di sini semuanya fresh. Jadi mau diolah jadi menu apa juga enak. Yang asik dari menu yang satu ini, kamu ga usah takut ada tulangnya, karena sudah dipisahkan, jadi tinggal hap deh.

 

Minumnya mimin pesen Jus Mangga.

15.IMG_5397

Rasanya asem seger. So refreshing. Cocok diminum siang pas panas kaya gini.

16.IMG_5398 a

Namanya makan di bale, ga afdol kalo ga makan kelapa yang langsung dari batoknya. Semilir angin terus pemandangan yang hijau-hijau rasanya bikin mimin ga pengen beranjak dari Bale Udang.


Buat makanan penutup, mimin sempet coba yang namanya Tape Gulung Keju.

17.IMG_5410

Ditata apik dengan taburan keju dan topping cherry, mimin penasaran kaya apa rasanya yang namanya Tape Gulung Keju. Jadi kalau kamu gigit, luarnya itu crispy dan manis, tapi di dalamnya hangat dan empuk. Perpaduan garing dan empuk yang enak di lidah. Kalau kamu pernah coba keju aroma, nah yang ini mirip konsepnya. Hanya saja isinya diganti tape alias peuyeum. Kayanya dimakan sama es krim enak juga nih.


Kenyang makan, udara yang adem dan semilir angin rasanya bikin mimin ga pengen move on dari bale-bale. Sayangnya mimin tetep harus jalan buat lanjut lagi perjalanan #KemanamanamakanGoesToBali2. Oia, selain di Kuta, Bale Udang ada juga cabang di Ubud loh. Lain kali mimin mampir ke cabang Ubud ah.

Terima kasih buat tim Bale Udang yang sudah mau direpotkan oleh mimin yang satu ini. Sampai jumpa lagi!


Bale Udang

  • Jln. Nakula No. 88, Sunset Road, Kuta 80361
  • Jl. Raya Goa Gajah, Banjar Teges Kanginan, Desa Peliatan, Ubud

Phone:Β 0361-3700660

 

Iklan

One thought on “Makan Siang di Bale Udang – Kuta

  1. Ping balik: Kemanamanamakan Goes to Bali 2 – Day 2 & 3 | kemanamanamakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s